Garis Besar Isi Paguyuban Al-Arqam Season 2
Episode “Selayang Pandang Isu Kebangkitan Komunisme dari Kacamata Mahasiswa Islam”
Jumat, 3 Maret 2017 pukul 16.00 s.d. 17.30 di Mushola Mandiri Fisipol UGM

1. Isu kebangkitan Komunisme menjadi suatu hal yang sensasional karena menimbulkan kemunculan kembali perasaan traumatik yang pernah dialami umat Islam Indonesia. Isu Kebangkitan Komunisme menjadi hal yang traumatik karena di masa lalu, gerakan dari komunisme melalui PKI melakukan kekerasan dan ancaman terhadap beberapa kalangan santri terutama dari kalangan NU. Perasaan traumatik yang terus tertanam menyebabkan seolah-olah komunisme adalah ancaman dan momok bagi umat Islam Indonesia.

2. Isu Kebangkitan Komunisme yang diduga muncul akhir-akhir ini dapat diidentifikasi melalui munculnya kembali kekuatan pemikiran kiri yang diperlihatkan dari masuknya tokoh berhaluan Kiri ke kancah politik nasional, namun hal tersebut tidak menjadi jaminan bahwa komunisme benar-benar muncul kembali di Indonesia. Apabila ditelisik kembali isu Kebangkitan Komunisme ini pertama muncul di dunia media sosial yang ditunjukan oleh berbagai foto baju maupun logo palu arit yang oleh sebagian kalangan dianggap sebagai bagian dari kebangkitan komunisme di Indonesia.

3. Namun, kita harus menanggapi Isu Kebangkitan Komunisme secara hati-hati, sebab jangan-jangan penghembusan Isu Kebangkitan Komunisme hanyalah cara untuk mengalihkan pada ancaman yang lebih besar yaitu neo-liberalisme. Perhatian yang berlebihan dari beberapa kalangan Umat Islam Indonesia terhadap isu Kebangkitan Komunisme telah mengalihkan perhatian dan tenaganya pada isu yang lebih penting seperti korporatisasi,privatisasi dan penindasan, serta ketidakadilan. Perhatian yang terlalu besar beberapa kalangan Umat Islam Indonesia yang didorong perasan traumatik terhadap Isu Kebangkitan Komunisme telah mengaburkan pan dangan akan bahaya neo-liberalisme.

4. Secara sederhana kita bisa mengidentifikasi bagaimana Isu Kebangkitan Komunisme ini muncul dengan cara mentelisiknya melalui kata kunci di internet maupun media. Kita bisa mengidentifikasi aktor siapa saja yang sebenarnya menghembuskan isu tersebut dan ikut terpengaruh dengan penghembusannya. Ada indikasi bahwa Isu Kebangkitan Komunisme ini adalah cara perebutan hegemoni dari bagian kelas penguasa yang telah mengalami deligitimasi. Bisa jadi juga hal ini karena semata-mata trik untuk mengalihkan pada isu yang lebih besar. Apalagi jika kita lihat Isu Kebangkitan Komunisme ini hanya dibicarakan secara masif di ranah media sosial, sehingga jangan-jangan ada motif perebutan kuasa melalui penyebaran wacana. Maka sebagai intelektual muda sebaiknya kita menyikapi ini secara bijak. Apakah dengan menghembuskan isu Kebangkitan Komunisme justru akan memberikan dampak positif bagi perbaikan kesejahteraan atau hanya sekadar debat kusir belaka.

Untuk penjelasan lebih lanjut dapat didengarkan di : https://drive.google.com/open?id=0B-RO9BMct2KNbWhSS3IwNEkzM3c

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *