Notulensi Padepokan Al-Arqam: Pandangan Islam Tentang Demonstrasi

Garis Besar Isi Padepokan Al-Arqam Season 2 Episode “Pandangan Islam tentang Demonstrasi” pada Kamis, 18 Mei 2017 pukul 16.00 s.d. 17.30 di Mushola Mandiri Fisipol UGM 1. Demonstrasi pada dasarnya merupakan alat perjuangan dalam kerangka amar makruf nahi munkar. Amar ma’ruf nahi munkar adalah bagian prinsip dari agama, tapi yang harus digarisbawahi adalah al-ma’ruf berada dalam konteks lokal, sedangkan al-khoir berada dalam hal universal. Al-ma’ruf tujuannya adalah kemashlahatan dan memperlihatkan konteks lokalitas. Dalam memperjuangkan Al-ma’ruf harus melalui beberapa kriteria. Pertama, harus memastikan apakah hal yang akan kita perjuangkan itu masih […]

Inilah Jadwal Acara RDF 1438 H, Siap Lari?

Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh, warga FISIPOL~ Ramadhan di FISIPOL (RDF) 1438 H terdiri dari berbagai acara yang berlangsung mulai tanggal 17 Mei 2017 hingga 9 Juni 2017. Rangkaian acara tersebut diharapkan mampu membawa spirit persaudaraan, perdamaian, dan persatuan, selaras dengan tema besar RDF 1438 H: “#AlKautsar: Ayo Lari, Kobarkan Api Ukhuwah, Tebarkan Sampai Akhir Ramadhan”. Ada beragam acara yang SIAP membantu kita terus berlari dan mengobarkan api ukhuwah sembari berkutat dengan UAS. Mau buka? Insyaallah di setiap acara RDF 1438 H di FISIPOL selalu tersedia konsumsi IFTHAR (buka puasa) buat kalian […]

Our #RamadhanGoals: Mengejar Malam Seribu Bulan

Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh, warga FISIPOL~ Gimana nih Tarhib Ramadhan-nya kemarin (17/05)? Kece kan? Tapi, sekarang kita meloncat agak jauh yuk, ke… 10 hari terakhir Ramadhan. “Emang ada apa sih sama 10 hari terakhir?” Biasanya sih kalo udah 10 hari terakhir Ramadhan ada aja sibuknya, apa lagi kalo bukan karena Lebaran yang sudah menanti di depan. Mulai dari persiapan mudik ke kampung halaman, belanja baju baru dan semua yang baru, sampai menuntaskan acara buka puasa + reuni yang masih tersisa. Tapi tau nggak, di antara 10 hari terakhir ini ada 1 […]

Our #RamadhanGoals: Tarawih Sampai Selesai

Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh, warga FISIPOL! Udah gak kerasa yaa, Ramadhan tinggal SEBENTAR LAGI~ Eh, ngomongin bulan Ramadhan nih, bulan ini selalu identik dengan ibadah yang satu ini: SHOLAT TARAWIH! Sholat ini selalu jadi ladang pahala berlimpah tiap tahunnya dan selalu jadi ciri khas Ramadhan, tapi sayangnya selalu ada 2 hal: Selalu ada ketubiran antara ‘klub 11 rakaat’ dan ‘klub 23 rakaat’, Selalu rame cuma pas awal Ramadhan, begitu ke tengah bulan pasti sepi. Apalagi pas mau lebaran :(( NAH, di sini mimin gak bakal kasih ketubiran, tapi bakal kasih 2 […]

Our #RamadhanGoals: Sholat Tahajjud Rutin

Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh, warga FISIPOL! Semua orang yang (mengaku) beragama Islam tentu sudah tahu dong sholat sunnah yang satu ini: SHOLAT TAHAJJUD! Sholat ini dikerjakan di malam hari dalam rakaat genap dan selalu diakhiri dengan sholat witir ber-rakaat ganjil. Tapi, namanya juga orang, karena sholat malam ini di MALAM hari (bukan di waktu lain), kita jadi males-malesan gara-gara ngantuk. Akhirnya – seperti yang kita semua tahu, nggak semua orang mengerjakan sholat tahajjud secara rutin. Yang tahajjudnya kadang-kadang aja nggak banyak, apalagi yang rutin tiap hari :(( Padahal, di balik ramainya […]

BERBAGI PANGKAL BAHAGIA: Open Donation Ramadhan di FISIPOL 1438 H

Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh. كان رسول الله صلى الله عليه وسلم أجود الناس ، وكان أجود ما يكون في رمضان حين يلقاه جبريل ، وكان يلقاه في كل ليلة من رمضان فيُدارسه القرآن ، فالرسول الله صلى الله عليه وسلم أجودُ بالخير من الريح المرسَلة “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling dermawan. Dan beliau lebih dermawan lagi di bulan Ramadhan saat beliau bertemu Jibril. Jibril menemuinya setiap malam untuk mengajarkan Al-Qur’an. Dan kedermawanan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melebihi angin yang berhembus.” (H.R. Bukhari, no.6) Bulan suci telah […]

Notulensi Padepokan Al-Arqam: Netralitas Birokrasi dalam Pemilu

Garis Besar Isi Padepokan Al-Arqam Season 2 Episode “Netralitas Birokrasi dalam Pemilu” Kamis, 11 Mei 2017 pukul 16.00 s.d. 17.15 di Mushola Mandiri Fisipol UGM 1. Pemilu pada dasarnya hanyalah salah satu cerminan tantangan yang harus dihadapi oleh birokrasi. Pemilu menjadi momentum bagi penciptaan ruang-ruang politis baru yang sangat mempengaruhi kinerja birokrasi, meskipun sifatnya temporer. Melihat bagaimana posisi birokrasi menghadapi pemilu, pada dasarnya sedang membicarakan tentang aspek netralitas. Membicarakan aspek netralitas birokrasi setidaknya bisa dilihat dari 2 kondisi yang mempengaruhinya. 2. Secara historis birokrasi di Indonesia pada dasarnya memang terlekat […]

Notulensi Padepokan Al-Arqam: Ulama dan Kontestasi Pilkada Pasca Reformasi

Garis Besar Isi Padepokan Al-Arqam Season 2 Seri Islam & Pilkada, “Ulama dan Kontestasi Pilkada Pasca Reformasi” 24 Maret 2017 pukul 15.30 – 17.00 di Mushola Mandiri Fisipol UGM 1. Ulama dan intelektual harus dibedakan. Ulama pada dasarnya tidak sekadar pada kemampuan mempelajari ilmu, namun juga pada niat, praktik, dakwah, karya dan kedekatannya dengan Allah SWT. Ulama dalam konteks ini elite agamawan pada dasarnya bukan kepada basis legitimasi politik, tetapi pada aspek teokrasi dan sosiologis. Secara teokrasi, ulama jelas dipandang memiliki pemahaman dan pelaksanaan keagamaan yang kuat. Secara sosiologis, basis legitimasi […]

Apa Sih Istimewanya Ramadhan?

Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh, warga FISIPOL yang berbahagia~ Hari Pendidikan kali ini, masih merasa janji rektorat belum juga ditepati? Namanya juga manusia. Tapi beda sama janji rektorat, janji Allah ta’ala soal pahala melimpah di bulan Ramadhan PASTI ditepati*! Ini selaras dengan beragam keutamaan di bulan suci ini. Yuk kita ulik 5 di antaranya! 1) AL QUR’AN TURUN DI BULAN RAMADHAN “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam qadar.” (QS. Al-Qadr: 1) Al-Qur’an merupakan mukjizat terbesar Nabi Muhammad. Sebagai kitab suci umat Islam, di dalamnya berisi panduan hidup seluruh manusia sampai Hari […]

Perburuhan Dalam Perspektif Islam

Oleh: Anggalih Bayu Muh Kamim (DPP 2015, Kepala Biro Intelektual Muda Fisipol [IMF] JMF 1438 H) Motivasi seseorang bekerja atau berusaha acapkali berasal dari keyakinan yang dia miliki. Dorongan dari agama bisa membuat seseorang rajin bekerja karena menganggap pekerjaan itu sebagai ibadah. Max Weber, lewat buku The Protestant Ethic and the Spirit of Capitalism, sedikit banyak menyinggung masalah ini. Kajian yang mengaitkan motif spritual dan ideologis dalam bekerja acapkali dilakukan. Buku ini menjadi salah satunya, dengan perspektif agama Islam. Islam adalah agama rahmatan lil alamin, artinya Islam adalah rahmat bagi […]