Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh, warga FISIPOL yang berbahagia~

Hari Pendidikan kali ini, masih merasa janji rektorat belum juga ditepati? Namanya juga manusia. Tapi beda sama janji rektorat, janji Allah ta’ala soal pahala melimpah di bulan Ramadhan PASTI ditepati*! Ini selaras dengan beragam keutamaan di bulan suci ini. Yuk kita ulik 5 di antaranya!

1) AL QUR’AN TURUN DI BULAN RAMADHAN

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam qadar.” (QS. Al-Qadr: 1)

Al-Qur’an merupakan mukjizat terbesar Nabi Muhammad. Sebagai kitab suci umat Islam, di dalamnya berisi panduan hidup seluruh manusia sampai Hari Kiamat. Mantab~

2) PINTU SURGA DIBUKA, PARA SETAN DIBELENGGU

“Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan dibelenggu.” (HR. Bukhari no. 1899 dan Muslim no. 1079)

Yup, itulah hebatnya bulan Ramadhan. Tapi kalo masih ada yang berbuat jahat dan maksiat pas Ramadhan? Hmm, itu bisa jadi gara-gara hawa nafsu kita tuh. Imam as-Sindi dalam catatannya pernah menulis:

“Hadis ‘setan dibelenggu’ tidak berarti meniadakan segala bentuk maksiat. Karena bisa saja maksiat itu muncul disebabkan pengaruh jiwa yang buruk dan jahat. Dan timbulnya maksiat, tidak selalu berasal dari setan. Jika semua berasal dari setan, berarti ada setan yang mengganggu setan (setannya setan), dan seterusnya bersambung…” (Hasyiyah Sunan an-Nasai, as-Sindi, 4/126).

3) TERDAPAT LAILATUL QADAR

“Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan.” (QS. Al-Qadr: 2-3)

Malam qadar (Lailatul qadr) merupakan malam yang luar biasanya, yang mana pahala ibadahnya lebih banyak dari pahala ibadah 83 tahun berturut-turut! Hebatnya lagi, malam yang cuma muncul sekali tiap tahun ini kita nggak tau persis kapan. Makanya, Nabi -shallallahu ‘alaihi wa sallam- pernah bersabda:

“Carilah lailatul qadar pada sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari no. 2020 dan Muslim no. 1169)

4) DILIPATGANDAKAN PAHALA AMAL SHOLEH

“Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan sepuluh kebaikan yang sama hingga 700 X lipat. Allah ta’ala berfirman (yang artinya), ‘Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. AKU SENDIRI yang akan membalasnya’…” (HR. Bukhari no. 1904, 5927 dan Muslim no. 1151)

Tuh, gimana tuh kalo ALLAH SENDIRI yang bakal membalas amal-amal baik kita?

5) MUSTAJABNYA SEMUA DOA

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash, ia berkata bahwa Rasulullah -shallallahu ‘alaihi wa sallam- bersabda, “Sesungguhnya do’a orang yang berpuasa ketika berbuka tidaklah tertolak.” (HR. Ibnu Majah no. 1753)

Waktu puasa memang jadi salah satu waktu, yang kalo kita berdoa berpotensi banget diterima lho! Makanya jangan sia-siain buat doa di bulan Ramadhan. Mau doa lulus cepet, lulus lama, dapet jodoh, dapet makan gratis, masuk surga, apapun deh asal yang baik-baik!

Menarik, kan? Yuk kita siapkan diri mulai sekarang!

 

*) asal dengan niat dan amalan yang baik dan benar

_____________
RAMADHAN DI FISIPOL 1438 H
“Ayo Lari, Kobarkan Api Ukhuwah, Tebarkan Sampai Akhir Ramadhan”
#RamadhanGoals #RDF1438AlKautsar #MenujuRamadhandiFISIPOL #AyoSambutOjoSambat

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *