Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh, warga FISIPOL!

Semua orang yang (mengaku) beragama Islam tentu sudah tahu dong sholat sunnah yang satu ini: SHOLAT TAHAJJUD! Sholat ini dikerjakan di malam hari dalam rakaat genap dan selalu diakhiri dengan sholat witir ber-rakaat ganjil.
Tapi, namanya juga orang, karena sholat malam ini di MALAM hari (bukan di waktu lain), kita jadi males-malesan gara-gara ngantuk. Akhirnya – seperti yang kita semua tahu, nggak semua orang mengerjakan sholat tahajjud secara rutin. Yang tahajjudnya kadang-kadang aja nggak banyak, apalagi yang rutin tiap hari :((

Padahal, di balik ramainya klithih dan liarnya pencuri barang-barang mahasiswa, ternyata ada fakta-fakta sholat tahajjud yang sayang kalo dibiarin gitu aja. Nih beberapa di antaranya:

1) Allah ta’ala turun di malam hari untuk mengabulkan segala doa dan mengampuni segala dosa. Persisnya, 1/3 malam terakhir (mulai sekitar jam 02.00 – terbit fajar). Nabi Muhammad –shallallahu ‘alaihi wa sallam– pernah bersabda:

“Rabb kita -tabaraka wa ta’ala- turun ke langit dunia TIAP 1/3 MALAM TERAKHIR. Ia lalu berkata: ‘Barangsiapa yang berdoa, akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku akan Aku beri. Siapa yang memohon ampun kepada-Ku, akan Aku ampuni – hingga terbit fajar‘ ” (HR. Bukhari no. 1145, Muslim no. 758)

Janganlah kita merasa dosa kita sedikit, sangat mungkin ada dosa-dosa kita yang nggak kita sadari. Makanya, malam hari adalah kesempatan yang sangat bagus buat berdoa dan memohon ampun. Salah satu caranya, ya dengan sholat tahajjud~

2) Sholat tahajjud merupakan SEBAIK-BAIK SHOLAT SUNNAH setelah sholat wajib. Kata Nabi lagi,

“Sebaik-baik puasa setelah puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah –Muharram-. Sebaik-baik shalat setelah shalat wajib adalah shalat malam.” (HR. Muslim no. 1163)

Kata Ibnu Rajab Al Hambali, “Waktu tahajjud di malam hari adalah sebaik-baik waktu shalat sunnah. Ketika itu hamba semakin dekat dengan Rabbnya. Waktu tersebut adalah saat dibukakannya pintu langit dan terijabahinya (terkabulnya) doa. Saat itu adalah waktu untuk mengemukakan berbagai macam hajat kepada Allah.” (Lathoif Al Ma’arif, hal. 77)

3) Shoat tahajjud itu sholatnya para penghuni surga pas di dunia, lho! Ini nih firman Allah dalam surah Adz-Dzariyat:

إِنَّ الْمُتَّقِينَ فِي جَنَّاتٍ وَعُيُون() آَخِذِينَ مَا آَتَاهُمْ رَبُّهُمْ إِنَّهُمْ كَانُوا قَبْلَ ذَلِكَ مُحْسِنِينَ () كَانُوا قَلِيلًا مِنَ اللَّيْلِ مَا يَهْجَعُونَ () وَبِالْأَسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُونََ

“Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa itu berada dalam taman-taman (surga) dan mata air-mata air, sambil menerima segala pemberian Rabb mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat kebaikan. Mereka SEDIKIT SEKALI TIDUR DI WAKTU MALAM. Dan selalu memohonkan ampunan diwaktu pagi sebelum fajar.” (Q.S. Adz Dzariyat: 15-18).

Sedikit tidur di waktu malam = lebih sering sholat tahajjud, bukan keluyuran nggak jelas :O

———-
Itu dia rahasia-rahasia malam hari dan sholat tahajjud yang sering banget ditinggal tidur. Sayang banget kan kalo dilewatin gitu aja? Apalagi, siapa yang tau sisa umur kita selain Allah?

Kuy, bareng-bareng, kita coba rutinkan sholat tahajjud! Mumpung masih ada sisa waktu sebelum Ramadhan, jadi bisa ancang-ancang sebelum kita meraih berkah Ramadhan ^^

 

_____________
RAMADHAN DI FISIPOL 1438 H
“Ayo Lari, Kobarkan Api Ukhuwah, Tebarkan Sampai Akhir Ramadhan”
#RDF1438AlKautsar #MenujuRamadhandiFISIPOL #AyoSambutOjoSambat

(Post asli ditulis di media sosial JMF UGM pada H-20 Ramadhan, dengan sedikit pengubahan)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *