Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh, warga FISIPOL! Udah gak kerasa yaa, Ramadhan tinggal SEBENTAR LAGI~

Eh, ngomongin bulan Ramadhan nih, bulan ini selalu identik dengan ibadah yang satu ini: SHOLAT TARAWIH! Sholat ini selalu jadi ladang pahala berlimpah tiap tahunnya dan selalu jadi ciri khas Ramadhan, tapi sayangnya selalu ada 2 hal:

  • Selalu ada ketubiran antara ‘klub 11 rakaat’ dan ‘klub 23 rakaat’,
  • Selalu rame cuma pas awal Ramadhan, begitu ke tengah bulan pasti sepi. Apalagi pas mau lebaran :((

NAH, di sini mimin gak bakal kasih ketubiran, tapi bakal kasih 2 hal SUPER PENTING yang selayaknya jadi #RamadhanGoals kita semua tahun ini. Pokoknya, kuy kita TARAWIH SAMPAI SELESAI!

[TARAWIH SAMPAI IMAMNYA SELESAI]
Barangkali kita ada yang belum tau soal hadits ini:

 

إِنَّهُ مَنْ قَامَ مَعَ الإِمَامِ حَتَّى يَنْصَرِفَ كُتِبَ لَهُ قِيَامُ لَيْلَةً

“Siapa yang shalat bersama imam sampai ia selesai, maka ditulis untuknya pahala qiyam (sholat) satu malam penuh.” (HR. An-Nasai no. 1605, Tirmidzi no. 806, Ibnu Majah no. 1327, dan Ahmad)

Hadits ini mengisyaratkan dengan sangat gamblang: Mau sholatya 11 rakaat atau 23 rakaat, yang penting adalah kita sholat Tarawih sampai imamnya selesai, sob! Justru saat kita Tarawih sampai selesai, pahala tarawih kita berlipat ganda.
Makanya, JANGAN NGACIR habis sholat 8 rakaat, h e h e ^^

[TARAWIH SAMPAI RAMADHAN SELESAI]
Ini yang selalu jadi masalah tiap Ramadhan tiba. Mentang-mentang ‘sholat sunnah’, jadi kita nggak FULL sholat Tarawih setiap harinya. Entah karena tugas UAS, ada kerjaan, mager, dan banyak lagi alasannya.

Emang sih, sholat Tarawih itu termasuk dalam sholat sunnah. Dikerjain dapet pahala, tapi kalo nggak dikerjain nggak dapet dosa juga. Tapi coba deh pertimbangin sama yang satu ini:

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلّى الله عليه وسلّم : « مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا «تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Dari Abu Hurairah -radhiyallahu ‘anhu-, ia berkata: Rasulullah -shallallahu alaihi wa sallam- bersabda: “Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan (yakni sholat malam pada bulan Ramadhan) karena iman dan mengharap pahala dan ridho Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. al-Bukhari no. 37 dan Muslim no. 759).

Kata Imam An-Nawawi, seorang ulama besar mazhab Syafi’i: “Yang dimaksud qiyam Ramadhan adalah sholat Tarawih.”

Bayangin deh dosa-dosa kita yang udah numpuk. Itu baru yang ketahuan, kalo nggak ketahuan? Bayangin kalo kita FULL Tarawih sampai sehari sebelum Idul Fitri, bayangin berapa banyak dosa yang bisa diampuni oleh Allah ta’ala…
Kita berharap, semoga Allah menghapus dosa-dosa kita terdahulu, lewat sholat Tarawih kita…

Sekali lagi: pokoknya, kuy kita TARAWIH SAMPAI SELESAI! :))

 

_____________
RAMADHAN DI FISIPOL 1438 H
“Ayo Lari, Kobarkan Api Ukhuwah, Tebarkan Sampai Akhir Ramadhan”
#RDF1438AlKautsar #MenujuRamadhandiFISIPOL #AyoSambutOjoSambat

(Post asli ditulis di media sosial JMF UGM pada H-15 Ramadhan, dengan sedikit pengubahan)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *