Our #RamadhanGoals: Kurangin Tidur, Perbanyak Ibadah

Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh, warga FISIPOL~ WAH BESOK UDAH PUASA AJA !!! Semangat mempersiapkan sahur, fisik, dan mental buat hari pertama Ramadhan esok hari :)) Eits, tapi ada satu hal yang WAJIB banget kalian perhatiin soal cara kita menjalani hari-hari di Bulan Suci ini. Soal TIDUR PAS PUASA! “Katanya itu sunnah puasa? Daripada nggak tidur, tapi nggosip mulu?” Iya sih, bener juga kalo kita sukanya gosip-gosip ceria terus sepanjang hari, tidur bisa jadi solusi. Tapi, ini yang mesti kita semua ingat: PUASA RAMADHAN ITU SAAAAAYAAAAANG BAAAAANGEEEEET KALO CUMA DITINGGAL TIDUR. Betapa […]

Our #RamadhanGoals: Bisa I’tikaf

Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh, warga FISIPOL~ Apa kabar? Semoga semangat kita menyambut Ramadhan tetap bertahan yaa, di tengah-tengah Minggu (yang belum tentu) Tenang ini. Termasuk semangat untuk BISA I’TIKAF tahun ini. Yup. Melanjutkan salah satu #RamadhanGoals kita sebelumnya (meraih malam Lailatul Qadar), cara terampuh untuk mentjidoek malam 1000 bulan tersebut ialah dengan ber-I’TIKAF di 10 HARI TERAKHIR Ramadhan. Apa? Masih belum tau apa itu I’tikaf? Tahun 1 4 3 8 HIJRIYYAH lho gais, 2 0 1 7 ; harusnya mahasiswa masa kini udah tau dong apa itu i’tikaf~ Secara bahasa, i’tikaf […]

Inilah Jadwal Acara RDF 1438 H, Siap Lari?

Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh, warga FISIPOL~ Ramadhan di FISIPOL (RDF) 1438 H terdiri dari berbagai acara yang berlangsung mulai tanggal 17 Mei 2017 hingga 9 Juni 2017. Rangkaian acara tersebut diharapkan mampu membawa spirit persaudaraan, perdamaian, dan persatuan, selaras dengan tema besar RDF 1438 H: “#AlKautsar: Ayo Lari, Kobarkan Api Ukhuwah, Tebarkan Sampai Akhir Ramadhan”. Ada beragam acara yang SIAP membantu kita terus berlari dan mengobarkan api ukhuwah sembari berkutat dengan UAS. Mau buka? Insyaallah di setiap acara RDF 1438 H di FISIPOL selalu tersedia konsumsi IFTHAR (buka puasa) buat kalian […]

Our #RamadhanGoals: Mengejar Malam Seribu Bulan

Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh, warga FISIPOL~ Gimana nih Tarhib Ramadhan-nya kemarin (17/05)? Kece kan? Tapi, sekarang kita meloncat agak jauh yuk, ke… 10 hari terakhir Ramadhan. “Emang ada apa sih sama 10 hari terakhir?” Biasanya sih kalo udah 10 hari terakhir Ramadhan ada aja sibuknya, apa lagi kalo bukan karena Lebaran yang sudah menanti di depan. Mulai dari persiapan mudik ke kampung halaman, belanja baju baru dan semua yang baru, sampai menuntaskan acara buka puasa + reuni yang masih tersisa. Tapi tau nggak, di antara 10 hari terakhir ini ada 1 […]

Our #RamadhanGoals: Tarawih Sampai Selesai

Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh, warga FISIPOL! Udah gak kerasa yaa, Ramadhan tinggal SEBENTAR LAGI~ Eh, ngomongin bulan Ramadhan nih, bulan ini selalu identik dengan ibadah yang satu ini: SHOLAT TARAWIH! Sholat ini selalu jadi ladang pahala berlimpah tiap tahunnya dan selalu jadi ciri khas Ramadhan, tapi sayangnya selalu ada 2 hal: Selalu ada ketubiran antara ‘klub 11 rakaat’ dan ‘klub 23 rakaat’, Selalu rame cuma pas awal Ramadhan, begitu ke tengah bulan pasti sepi. Apalagi pas mau lebaran :(( NAH, di sini mimin gak bakal kasih ketubiran, tapi bakal kasih 2 […]

Our #RamadhanGoals: Sholat Tahajjud Rutin

Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh, warga FISIPOL! Semua orang yang (mengaku) beragama Islam tentu sudah tahu dong sholat sunnah yang satu ini: SHOLAT TAHAJJUD! Sholat ini dikerjakan di malam hari dalam rakaat genap dan selalu diakhiri dengan sholat witir ber-rakaat ganjil. Tapi, namanya juga orang, karena sholat malam ini di MALAM hari (bukan di waktu lain), kita jadi males-malesan gara-gara ngantuk. Akhirnya – seperti yang kita semua tahu, nggak semua orang mengerjakan sholat tahajjud secara rutin. Yang tahajjudnya kadang-kadang aja nggak banyak, apalagi yang rutin tiap hari :(( Padahal, di balik ramainya […]

BERBAGI PANGKAL BAHAGIA: Open Donation Ramadhan di FISIPOL 1438 H

Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh. كان رسول الله صلى الله عليه وسلم أجود الناس ، وكان أجود ما يكون في رمضان حين يلقاه جبريل ، وكان يلقاه في كل ليلة من رمضان فيُدارسه القرآن ، فالرسول الله صلى الله عليه وسلم أجودُ بالخير من الريح المرسَلة “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling dermawan. Dan beliau lebih dermawan lagi di bulan Ramadhan saat beliau bertemu Jibril. Jibril menemuinya setiap malam untuk mengajarkan Al-Qur’an. Dan kedermawanan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melebihi angin yang berhembus.” (H.R. Bukhari, no.6) Bulan suci telah […]

Apa Sih Istimewanya Ramadhan?

Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh, warga FISIPOL yang berbahagia~ Hari Pendidikan kali ini, masih merasa janji rektorat belum juga ditepati? Namanya juga manusia. Tapi beda sama janji rektorat, janji Allah ta’ala soal pahala melimpah di bulan Ramadhan PASTI ditepati*! Ini selaras dengan beragam keutamaan di bulan suci ini. Yuk kita ulik 5 di antaranya! 1) AL QUR’AN TURUN DI BULAN RAMADHAN “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam qadar.” (QS. Al-Qadr: 1) Al-Qur’an merupakan mukjizat terbesar Nabi Muhammad. Sebagai kitab suci umat Islam, di dalamnya berisi panduan hidup seluruh manusia sampai Hari […]

H-30 Ramadhan: Tinggal Sebentar Lagi!

Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh, warga FISIPOL~ Apa kabar kehidupan? Lagi sibuk apa? Hehe… Mumpung masih sempat bernafas, yuk bareng-bareng kita coba BERLARI ke arah yang lebih baik. Coba perbaiki kepribadian lahir batin, bersabar, saling memaafkan, ikhlas, saling berbagi ke kawan-kawan, dan lakukan hal positif lainnya… Coba dan siapkan diri yuk, karena SEBULAN LAGI tamu Ramadhan akan datang membawa berbagai harta karun istimewa buat siapa pun yang MAU memperbaiki dirinya! WOOOW… :)) ________ Nah, karena tamu ini istimewa dan perlu kita sambut, maka dengan rendah hati kami mempersembahkan RAMADHAN DI FISIPOL 1438 […]