Kesadaran Ilahiyat: Beribadah Hanya Pada-Nya Yang Esa

Oleh : Mochamad Ridha (Ilmu Komunikasi 2015, staf Departemen Syiar JMF, peserta Rumah Kepemimpinan regional Yogyakarta) Membahas ilahiyat, pada dasarnya tidaklah berbeda dengan maksud dari uluhiyah. Hanya perbedaan bentuk bahasa. Ilahiyat adalah uluhiyah -bahasa Arab- yang telah di sadur ke dalam Bahasa Indonesia. Dalam pengertian maknanya sendiri, keyakinan ilahiyat atau tauhid uluhiyah adalah mengesakan Allah dalam beribadah. Menujukan segala bentuk ibadah hanya kepada-Nya, dan meninggalkan sesembahan selain-Nya. Pada dasarnya, kalimat tahlil adalah bentuk simbol dari tauhid uluhiyah. Laa ilaha illallah, dengan ungkapan bahwasanya tiada tuhan yang patut disembah selain Allah. […]

Menjadi Pribadi Muslim Yang Asyik dan Bergairah

  Oleh: Tim Penulis Buletin Jum’at “Al-Fatih” JMF 1436 H / 2016: Alfath Bagus Panuntun Elnur Indonesia, Alif Fadhiyah Chairunnisa, Mohammad Ridha Assalamu’alaykum wr.wb. Segala puji hanya milik Allah SWT, asma terindah, yang telah menurunkan kitab suci Al Qur’an sebagai pembentuk hati yang bersih dan pribadi yang bertakwa. Selawat teriring salam senantiasa tercurah kepada Uswatun Hasanah kita, Nabi besar Muhammad SAW, yang telah menjadi pemimpin, da’i pembaharu, dan panutan terbaik sepanjang masa, serta pembawa risalah kebenaran bagi seluruh alam. ____________ Sesuatu yang sangat penting bagi Muslim, sehingga ia bisa dibedakan […]

Our #RamadhanGoals: Kurangin Tidur, Perbanyak Ibadah

Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh, warga FISIPOL~ WAH BESOK UDAH PUASA AJA !!! Semangat mempersiapkan sahur, fisik, dan mental buat hari pertama Ramadhan esok hari :)) Eits, tapi ada satu hal yang WAJIB banget kalian perhatiin soal cara kita menjalani hari-hari di Bulan Suci ini. Soal TIDUR PAS PUASA! “Katanya itu sunnah puasa? Daripada nggak tidur, tapi nggosip mulu?” Iya sih, bener juga kalo kita sukanya gosip-gosip ceria terus sepanjang hari, tidur bisa jadi solusi. Tapi, ini yang mesti kita semua ingat: PUASA RAMADHAN ITU SAAAAAYAAAAANG BAAAAANGEEEEET KALO CUMA DITINGGAL TIDUR. Betapa […]

Our #RamadhanGoals: Bisa I’tikaf

Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh, warga FISIPOL~ Apa kabar? Semoga semangat kita menyambut Ramadhan tetap bertahan yaa, di tengah-tengah Minggu (yang belum tentu) Tenang ini. Termasuk semangat untuk BISA I’TIKAF tahun ini. Yup. Melanjutkan salah satu #RamadhanGoals kita sebelumnya (meraih malam Lailatul Qadar), cara terampuh untuk mentjidoek malam 1000 bulan tersebut ialah dengan ber-I’TIKAF di 10 HARI TERAKHIR Ramadhan. Apa? Masih belum tau apa itu I’tikaf? Tahun 1 4 3 8 HIJRIYYAH lho gais, 2 0 1 7 ; harusnya mahasiswa masa kini udah tau dong apa itu i’tikaf~ Secara bahasa, i’tikaf […]

Our #RamadhanGoals: Mengejar Malam Seribu Bulan

Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh, warga FISIPOL~ Gimana nih Tarhib Ramadhan-nya kemarin (17/05)? Kece kan? Tapi, sekarang kita meloncat agak jauh yuk, ke… 10 hari terakhir Ramadhan. “Emang ada apa sih sama 10 hari terakhir?” Biasanya sih kalo udah 10 hari terakhir Ramadhan ada aja sibuknya, apa lagi kalo bukan karena Lebaran yang sudah menanti di depan. Mulai dari persiapan mudik ke kampung halaman, belanja baju baru dan semua yang baru, sampai menuntaskan acara buka puasa + reuni yang masih tersisa. Tapi tau nggak, di antara 10 hari terakhir ini ada 1 […]

Our #RamadhanGoals: Tarawih Sampai Selesai

Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh, warga FISIPOL! Udah gak kerasa yaa, Ramadhan tinggal SEBENTAR LAGI~ Eh, ngomongin bulan Ramadhan nih, bulan ini selalu identik dengan ibadah yang satu ini: SHOLAT TARAWIH! Sholat ini selalu jadi ladang pahala berlimpah tiap tahunnya dan selalu jadi ciri khas Ramadhan, tapi sayangnya selalu ada 2 hal: Selalu ada ketubiran antara ‘klub 11 rakaat’ dan ‘klub 23 rakaat’, Selalu rame cuma pas awal Ramadhan, begitu ke tengah bulan pasti sepi. Apalagi pas mau lebaran :(( NAH, di sini mimin gak bakal kasih ketubiran, tapi bakal kasih 2 […]

Our #RamadhanGoals: Sholat Tahajjud Rutin

Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh, warga FISIPOL! Semua orang yang (mengaku) beragama Islam tentu sudah tahu dong sholat sunnah yang satu ini: SHOLAT TAHAJJUD! Sholat ini dikerjakan di malam hari dalam rakaat genap dan selalu diakhiri dengan sholat witir ber-rakaat ganjil. Tapi, namanya juga orang, karena sholat malam ini di MALAM hari (bukan di waktu lain), kita jadi males-malesan gara-gara ngantuk. Akhirnya – seperti yang kita semua tahu, nggak semua orang mengerjakan sholat tahajjud secara rutin. Yang tahajjudnya kadang-kadang aja nggak banyak, apalagi yang rutin tiap hari :(( Padahal, di balik ramainya […]

Apa Sih Istimewanya Ramadhan?

Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh, warga FISIPOL yang berbahagia~ Hari Pendidikan kali ini, masih merasa janji rektorat belum juga ditepati? Namanya juga manusia. Tapi beda sama janji rektorat, janji Allah ta’ala soal pahala melimpah di bulan Ramadhan PASTI ditepati*! Ini selaras dengan beragam keutamaan di bulan suci ini. Yuk kita ulik 5 di antaranya! 1) AL QUR’AN TURUN DI BULAN RAMADHAN “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam qadar.” (QS. Al-Qadr: 1) Al-Qur’an merupakan mukjizat terbesar Nabi Muhammad. Sebagai kitab suci umat Islam, di dalamnya berisi panduan hidup seluruh manusia sampai Hari […]

Mewujudkan Kemanusiaan yang Optimistik

Oleh: Alfath Bagus Panuntun Elnur Indonesia, Mochamad Ridha, Alif Fadhiyah Chairunnisa Assalamu’alaykum wr.wb. Segala puji hanya milik Allah SWT, asma terindah, yang telah menurunkan kitab suci Al Qur’an sebagai petunjuk bagi orang-orang bertakwa. Selawat teriring salam senantiasa tercurah kepada Uswatun Hasanah kita, Nabi besar Muhammad SAW, yang telah menjadi pemimpin, da’i pembaharu, dan panutan terbaik sepanjang masa, serta pembawa risalah kebenaran bagi seluruh alam. Dalam artikel berjudul “Kebebasan”, Nurcholis Majid berpandangan bahwa manusia itu merupakan “jagad kecil” yang mampu dijadikan sebagai cermin atas “jagad besar”. Secara sederhana, Nurcholis menilai manusia […]

Hikmah dalam Setiap Perintah Allah

Salah satu ulama terkemuka Timur Tengah, Ibnu Taimiyah –rahimahullah– memberikan pelajaran yang amat berharga. Beliau menyatakan bahwa setiap ibadah pasti ada hikmahnya, entah itu kita tahu atau pun tidak. Berikut penjelasan beliau: Setiap yang Allah perintahkan pasti ada hikmahnya, begitu pula yang Allah larang. Demikianlah yang diyakini oleh mazhab para fuqoha kaum muslimin, para imam dan kaum muslimin di berbagai penjuru negeri. Artinya di sini, tidak mungkin ada satu ibadah yang tidak ada hikmah di balik ibadah tersebut. Semacam ibadah melempar jumrah, sa’i antara Shofa dan Marwah, perbuatan ini sendiri punya […]